1) Aliran-Aliran Ilmu Kalam
a) Aliran
Syiah
Syiah adalah golongan yang
menyanjung dan memuji sayyidina Ali secara berlebih-lebihan karena mereka
beranggapan bahwa Ali yang lebih berhak menjadi khalifah pengganti nabi.
Beberapa sekte aliran Syiah,
diantaranya sebagai berikut:
(1)Sekte Kaisaniyah
Kaisaniyah adalah sekte Syiah yang
memercayai Muhammad bin Hanafiyah sebagai pemimpin setelah Husein bin Ali
wafat.
(2)Sekte Zaidiyah
Sekte ini memercayai kepemimpinan
Zaid bin Ali bin Husein Zainal Abidin sebagai pemimpin setelah Husein bin Ali
wafat.
(3)Sekte Imamiyah
Sekte ini adalah golongan yang
meyakini bahwa Nabi Muhammad saw, telah menunjuk Ali bin Abi Thalib menjadi
pemimpin atau imam sebagai pengganti beliau dengan petunjukyang jelas dan
tegas.
b) Aliran
Khawarij
Khawarij adalah kaum pengikut Ali
bin Abi Thalib yang meninggalkan barisannya karena tidak setuju terhadap sikap
Ali bin Abi Thalib yang menerima Arbitrase (tahkim).
c) Aliran
Murjiah
Aliran Murjiah muncul sebagai reaksi
atas sikapnya yang tidak mau terlibat dalam upaya mengafirkan terhadap
orang-orang yang terlibat dalam peristiwa tahkim.
d) Aliran
Qadariyah
Qadariyah sebagai suatu aliran yang memberikan
penekanan terhadap kebebasan dan kekuatan manusia dalam menghasilkan
perbuatan-perbuatannya.
e) Aliran
Jabariyah
Manusia dalam paham Jabariyah sangat
lemah, tak berdaya, terikat dengan kekuasaan dan kehendak mutlak Tuhan, tidak
mempunyai kehendak bebas.
f) Aliran
Muktazilah
Aliran ini muncul sebagai reaksi
atas pertentangan antara aliran Khawarij dan aliran Murjiah mengenai persoalan
orang mukmin yang berdosa besar.
g) Aliran
Asy’ariyah
Aliran ini muncul sebagai reaksi
terhadap paham Muktazilah yang dianggap menyeleweng dan menyesatkanumat Islam.
h) Aliran
Maturidiyah
Maturidiyah mendasarkan pikirannya
dalam soal-soal kepercayaan kepada pikiran-pikiran Imam Abu Hanifah yang
tercantum dalam kitabnya Al-Fiqh al-Akbar dan Al-Fiqh al-absat.
Adapun
2 macam teologi yang berhubungan dengan aliran-aliran ilmu kalam, yaitu:
i) Teologi Transformatif
Teologi Transformatif merupakan sejumlah
pandangan keyakinan keagamaan, yang mempengaruhi perilaku kehidupan
umat Islam dalam keseluruhan aspek kehidupan.
j) Teologi Pembebasan
Teologi pembebasan sebagai bentuk
ajaran untuk peduli kepada orang-orang yang tertindas, seperti orang-orang yang
teraniaya, miskin, yatim, janda, perempuan, dan budak.
2) Perilaku Orang Beraliran Kalam
Lima kriteria pokok yang melekat
pada orang yang mengikuti aliran yang benar (sahih), yaitu sebagai berikut:
a) Memilki prinsip hidup yang kuat, yang digali berdasarkan
Al-Qur’an dan as-Sunnah.
b) Mampu mengembangkan pemikiran yang rasional dalam melihat
berbagai persoalan kehidupan.
c) Konsisten dalam menjaga persaudaraan dengan sesama umat
muslim.
d) Senantiasa berusaha meningkatkan ketakwaan kepada Allah.
e) Kehadirannya tidak membuat orang lain merasa takut atau
cemas.
3) Menghargai Perbedaan Paham
Berbagai ragam pemikiran dan pandangan dari aliran-aliran
yang ada memperlihatkan paham yang saling bertentangan, sekalipun mereka
sama-sama berpegang pada Al-Qur’an.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar